Pages

Insiden Terburuk Dalam Dunia Penerbangan

Share and Enjoy! :

Berikut ini adalah insiden atau peristiwa-peristiwa kecelakaan pesawat terbang terburuk, (tragedi 11 september tidak termasuk di dalamnya)…

3 Maret 1974:

Rancangan pintu kargo Turkish Airlines 981 yang buruk menyebabkan pintu tersebut terlepas dari tempatnya. Hal ini memicu permasalahan kontrol pesawat, seperti misalnya kabel-kabel yang membentang di lantai pesawat seluruhnya terputus, membuat pilot tidak dapat mengendalikan pesawat mereka sendiri.





Pesawat jatuh ke hutan dekat Ermenonville, dekat Bandara Internasional Orly (ya rly) Paris. Kejadian tersebut selanjutnya dikenal sebagai bencana udara Ermenonville .
Pesawat tersebut jatuh di hutan dan merenggut nyawa ke 346 penumpang dan awaknya.


27 Maret 1977:

Kecelakaan terburuk dalam sejarah penerbangan terjadi ketika dua pesawat Boeing 747 yaitu pesawat Pan Am Nomor Penerbangan 1736 dan pesawat KLM nomor penerbangan 4805 bertabrakan di landasan pacu bandara Tenerife.
Hal ini terjadi ketika pesawat KLM berjalan tanpa izin di satu-satunya landasan pacu bandara tersebut, pesawat tersebut kemudian bertabrakan langsung dengan pesawat Pam Am yang meluncur di sepanjang landasan pacu yang sama.





Kondisi berkabut menyebabkan kesulitan untuk mempertahankan visual dari salah satu pesawat ditambah dengan berbagai instruksi radio yang membingungkan menyebabkan terjadinya kecelakaan ini.
Kecelakaan ini mengakibatkan kematian 583 orang.
http://blogcatatankecil.wordpress.com/2011/01/22/insiden-terburuk-dalam-dunia-penerbangan/