Pages

Misteri Bunker Stasiun Tanjung Priok

Share and Enjoy! :

MISTERI keberadaan bunker di bawah Stasiun Tanjung Priok juga telah menyebar di penduduk Tanjung Priok dan sekitar sekian lama. Konon bunker ini terhubung dengan berbagai lokasi penting pada masa pemerintahan Belanda saat itu.
Sebut saja Batavia Staadhuis yang saat itu menjadi Balai Kota Batavia. Saat ini Balai Kota itu sudah berubah nama menjadi Museum Fatahillah.
Kemudian, Pelabuhan Tanjung Priok. Pembangunan Stasiun Tanjung Priok tak lepas dari keberadaan Pelabuhan Tanjung Priok sebagai pengganti Pelabuhan Jakarta saat itu, yakni Pasar Ikan. Pada akhir abad ke-19, Pasar Ikan tidak lagi memadai untuk menampung aktivitas pelabuhan, dan Belanda membangun fasilitas pelabuhan baru di Tanjung Priok.
Desas-desus misteri bunker Stasiun Tanjung Priok, juga dikabarkan hingga tembus ke Pulau Onrust, salah satu pulau di deretan Kepulauan Seribu. Pulau Onrust merupakan pelabuhan Perserikatan Perusahaan Hindia Timur atau Vereenigde Oost indische Compagnie (VOC) sebelum pindah ke pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara.
Pulau Onrust ini juga merupakan markas tentara penjajah Belanda sebelum masuk Batavia dan mendudukinya. Di pulau inilah tentara Belanda melakukan aktivitas bongkar muat logistik perang.
Namun hingga saat ini kebenaran desas-desus itu belum terungkap. Kepala Stasiun Tanjung Priok Dwi Effendi belum berani mengungkap kebenaran desas-desus itu.
“Ya itu kan katanya-katanya. Makanya saya nggak berani (membenarkan),jawabnya.
Sementara salah seorang pegawai Stasiun Tanjung Priok yang enggan disebutkan namanya malah menambahkan, jika terdapat terowongan lain selain ke ketiga tempat yang telah disebutkan. Yakni Pasar Ikan.
Kasubdit Perlindungan Direktorat Jendral Sejarah dan Peninggalan Purbakala Departemen Kebudayaaan dan Pariwisata Saiful Mujahid membenarkan desas-desus itu.
Berdasarkan hasil penggalian, lorong-lorong tersebut memang ditemukan. Terdapat beberapa pangkal lorong, disebut Mujahid sebagai loket, yang dicurigai merupakan sebuah lorong panjang. Namun belum bisa dipastikan, ke titik mana saja lorong-lorong itu terhubung.

http://blogcatatankecil.wordpress.com/2010/05/10/misteri-bunker-stasiun-tanjung-priok/