Pages

Alasan FIFA Coret GT & AP

Share and Enjoy! :

Sudah lebih dari satu setengah jam Kongres PSSI sesi yang kedua berjalan. Namun terus tertunda karena ada peserta yang terus meminta penjelasan kenapa George Toisutta (GT) dan Arifin Panigoro (AP) tidak bisa ikut proses pencalonan Ketua Umum dan Wakil Ketua Umum.

Ketua Komite Normalisasi kemudian meminta Thierry Regenass, Direktur Keanggotaan dan Pengembangan Asosiasi FIFA, untuk memberikan penjelasan.

Regenass dalam Kongres PSSI di Hotel Sultan dengan tenang kemudian menjelaskan alasan kenapa FIFA memutuskan kalau empat nama--- Toisutta, Panigoro, Nurdin Halid dan Nirwan Bakrie-- tak bisa ikut bursa lewat keputusan FIFA yang diumumkan 4 April 2011.

"Alasan dari keputusan kami itu adalah karena pada dasarnya setiap Federasi harus mengontrol semua anggota dan kegiatan di dalamnya. Dari prinsip tadi, maka kegiatan LPI yang berada di luar PSSI tidak bisa ditolerir. Ini semacam hal yang tabu bagi FIFA," kata Regenass.

"Karena pada dasarnya liga tersebut (LPI) di luar kontrol PSSI, maka promotornya atau siapapun tidak dapat berperan sebagai kandidat. Pada prinsipnya empat orang ini dirasa ikut berperan dalam kisruh PSSI yang berlangsung saat ini. Sedangkan kami ingin orang yang baru."

Regenass kemudian mengatakan kalau banyaknya kandidat Ketua Umum, Wakil Ketua Umum dan Exco adalah hal yang sangat positif. Ia yakin dari sekian banyak kandidat ada yang pantas untuk memimpin PSSI. • VIVAnews