Pages

10 Topik Olahraga Terpopuler di Yahoo! Indonesia Pada 2011

Share and Enjoy! :


Coach Alfred Riedl
Foto : todaypos.com
Yahoo! Inc, perusahaan media digital terkemuka, hari ini mengumumkan topik olahraga paling dicari di Indonesia. Ini adalah bagian dari kilas balik akhir tahun, sebuah kilas balik tahunan yang telah lama ditunggu untuk mengidentifikasi berita dan tren teratas tahun ini berdasarkan aktivitas jutaan pengunjung unik setiap bulan pada jaringan dan miliaran pencarian konsumen.

Kilas balik aktivitas pengguna Yahoo! ini adalah parameter ketertarikan masyarakat dunia. Setelah berakhirnya tahun 2011, pencarian di Yahoo! Indonesia mengungkapkan, topik olahraga paling banyak dicari sepanjang 2011.

"Menurut data Yahoo! Search Trends, cabang olahraga di Indonesia dan mancanegara memperoleh peringkat tinggi di antara pencarian yang dilakukan oleh para pengguna Yahoo! di Indonesia. Mulai dari SEA Games XXVI di Jakarta sampai kematian Simoncelli di Malaysia, 2011 merupakan tahun yang memiliki banyak momen kemenangan, kematian, kekalahan dan drama yang  tak terlupakan dalam olahraga. Walau pengguna tertarik akan berita mengenai tim olahraga favorit mereka, namun berita mengenai sepak bola adalah hal yang paling diminati," kata Henryl Morena, Manager, Editorial for Search & Platforms di Asia Tenggara.

Yahoo! Search Trends telah hadir dengan kilas balik tahun ini untuk mengungkapkan topik olahraga paling dicari selama 2011:

1. Final Liga Champions 2011
Turnamen ini merupakan partai ulangan final 2009 dimana saat itu Manchester United harus mengakui keunggulan Barcelona dengan skor pertandingan 2-0 lewat gol Samuel Eto'o dan Lionel Messi. Dalam tahun 2011, Barcelona pecundangi MU dengan skor 1-3.

2. Moto GP
Dunia balap Moto GP berduka di 2011. Di pengujung musim, pembalap Honda Gresini, Marco Simoncelli (24) tewas dalam sebuah kecelakaan di Sirkuit Sepang, Malaysia.

3. Lionel Messi
Karena gocekannya yang luar biasa, kecepatan lari dan kemampuannya mencetak gol, Lionel Messi berhasil menjadi pesepakbola terbaik dunia 2009 dan 2010. Di 2011 tentu saja aksinya bersama klub Barcelona FC membantu Barcelona meraih gelar juara La Liga Spanyol dan Liga Champions Eropa. Di final Liga Champions, Messi menunjukkan kualitas dunianya saat Barca menghadapi Manchester United.

4. SEA Games XXVI
Dua kota di Indonesia, Jakarta dan Palembang berkesempatan menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar bangsa-bangsa Asia Tenggara alias SEA Games XXVI. Sayangnya, fokus perhatian media dan masyarakat bukan kepada program pelatihan dan pembinaan atlet nasional, melainkan ke soal isu korupsi dan lambannya pengerjaan berbagai sarana olahraga di Palembang.

5. Indonesia National Team ( PSSI)
Pergantian pelatih kepala tim nasional Indonesia dari Alfred Riedl ke Wim Rijsbergen cukup menyedot perhatian pecinta olahraga di tanah air. Apalagi saat itu Indonesia akan menjalani partai kualifikasi Pra-Piala Dunia 2014 melawan Turkmenistan. Perbedaan gaya melatih antara Alfred dan Wim juga sempat menyedot perhatian. Wim dilaporkan terlalu kasar dan tak segan memaki pemain yang menurutnya salah.

6. Alfred Riedl
Meski Alfred Riedl gagal membawa Indonesia juara di ajang Suzuki AFF Cup pada Desember 2010, Riedl mampu membuat timnas Indonesia bermain menyerang dan memicu konflik di tingkat elit PSSI. Namun sayang sekali, hal ini malah membuat Riedl menjadi korban. Pada 13 Juli 2011, PSSI di bawah kepemimpinan baru Djohar Arifin Husin, memecat pria Austria tersebut. Kabar ini cukup mengejutkan karena prestasi Riedl dalam waktu singkat bersama timnas Indonesia cukup baik.

7. Maria Sharapova
Selama 2011, tidak ada prestasi yang bisa dibilang menonjol dari petenis asal Rusia, Maria Sharapova. Penyebab redupnya prestasi Sharapova ialah cedera bahu yang beberapa kali kambuh. Namun banyak pembaca yang tetap mencari kata kunci 'Maria Sharapova' karena kelebihan fisik petenis tersebut.

8. Ryan Giggs
Ryan Giggs menjadi buah bibir dunia gossip dan olahraga Inggris di pertengahan 2011. Bukan karena catatan rekor atau gol spektakulernya sebagai pemain sepak bola, tapi justru gosip perselingkuhan.

9. Boaz Solossa
Sosok pesepakbola asal Papua ini memang fenomenal. Pertama kali memperkuat tim senior di 2004, Boaz Solossa (banyak pula yang menulisnya Boaz) langsung menarik perhatian banyak pihak. Sayangnya Boaz rentan cedera. Ia beberapa kali mengalami cedera parah yang membuat ia harus naik meja operasi. Bukan itu saja, pemain Persipura Jayapura ini juga dinilai tidak disiplin.

10. Sudirman Cup
Ajang bulutangkis top dunia ini digelar di kota Qingdao, China, yang berlangsung 22-29 Mei 2011. Sebagai tuan rumah, Cina tentu menjadi unggulan. Faktor teknis juga menjadikan China kuat di sektor tunggal/ganda putra, tunggal/ganda putri hingga ganda campuran. Indonesia sebenarnya membawa kekuatan penuh ke ajang tersebut. Sayang Indonesia dikalahkan Denmark di babak semi final dengan kedudukan 1-3.

http://sport.ghiboo.com/10-topik-olahraga-terpopuler-di-yahoo-indonesia-pada-2011