Pages

Tempat-tempat pengamatan Gerhana Venus

Share and Enjoy! :


Rabu, 06 Juni 2012 | 09:09 WIB
Large_venus JAKARTA: Beberapa tempat dibuka sebagai tempat pengamatan transit Venus yang terjadi pagi ini hingga siang ini. Fenomena langka astronomi ini bakal terjadi lagi pada 2117.

Peristiwa yang sangat langka ini terjadi saat Planet Venus berada di antara Bumi dan matahari. Kelangkaan transit Venus ini melampaui jarangnya kemunculan gerhana matahari.

Inilah tempat pengamatan transit Venus tersebut:

1. Jakarta
Pengamatan Transit Venus bisa dilakukan di Planetarium, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta. Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) dan Planetarium menyediakan beberapa teleskop dengan berbagai ukuran untuk pengamatan. Ada lebih dari 20 teleskop, di antaranya 10 teleskop kecil Galileo, lima teleskop Spica, dan satu teleskop Hydrogen Alpha merek Lunt untuk para astrofotografer

2. Yogyakarta
Publik bisa menikmati fenomena astronomi ini di markas Jogja Astro Club di Gejayan, Yogyakarta.

3. Bandung
Observatorium Bosscha juga menggelar pengamatan Transit Venus. Meski demikian, kegiatan pengamatan lebih difokuskan untuk penelitian.

4. Atambua
Masyarakat Atambua bisa bergabung dengan Universe Awareness yang akan menggelar pengamatan transit Venus. Pengamatan akan dilakukan di sekolah wilayah Atambua. Publik Atambua bisa menyaksikan proses transit Venus secara keseluruhan.

5. Ambon
Bagi yang tinggal di Ambon, Langitselatan menggelar kegiatan pengamatan Transit Venus sekaligus pelatihan di Pantai Liang mulai pukul 07.00 WIT. Publik bisa ikut mengamati. Seperti warga Atambua, warga Ambon juga bisa melihat fenomena Transit Venus secara lengkap.

videonya di http://hilal.kominfo.go.id/?q=node/166