Pages

Kebanyakan Makan Cabai Tidur Jadi Tak Nyenyak

Share and Enjoy! :

Rempah yang satu ini sangat akrab di lidah kita. Rasanya yang pedas dan panas yang memperlezat masakan. Bagi Anda yang suka pedas harus berhati-hati, karena sering makan cabai bisa membuat Anda sulit tidur.

Memang nikmat kalau makan sambal sampai keringat bercucuran. Cita rasa khas Indonesia ini memang sedap tetapi kalau dimakan terlalu banyak bisa berakibat buruk. Mulai dari sakit perut hingga sulit tidur bisa dialami.

"Rempah yang satu ini paling sering ditambahkan dalam masakan untuk meningkatkan rasa. Namun jika terlalu banyak dikonsumsi mungkin bisa mengganggu saluran pencernaan dan menyebabkan iritasi lambung." tegas Dr. SK Thakur, seorang ahli Gastroenterologist dari Moolchand Medcity di New Delhi.

Meskipun diketahui banyak mengandung vitamin A dan C serta mineral lainnya, tetapi cabai juga mengandung zat gizi yang berbahaya untuk tubuh. Seperti dapat meningkatkan sekresi asam di lambung hingga akhirnya merusak dinding lambung.

Gastritis akut atau peradangan pada perut juga bisa terjadi. Mulanya akan mengalami gejala muntah, mual, demam, diare dan sakit kepala. Bahkan ada juga yang mengalami muntah darah dan mengeluarkan darah saat buang air.

Selain itu ternyata pedasnya cabai juga bisa membuat orang sulit tidur. Karena makanan pedas diketahui dapat meningkatkan suhu tubuh yang memicu insomnia. Untuk menghindarinya sebaiknya jangan makan pedas di malam hari.

Untuk menetralisir zat asam pada cabai, Anda bisa minum segelas susu. Jangan kombinasikan makanan berminyak dengan cabai karena bisa meningkatkan sekresi asam yang dapat membuat lambung terasa perih dan panas.


Detikfood