Pages

100 Fakta Unik Sepanjang Sejarah Kehidupan Dunia di Bulan April

Share and Enjoy! :

  1.  ”… bahwa Bandar Udara Internasional Minangkabau merupakan bandar udara pertama di dunia yang memiliki nama suatu suku atau etnik?”
  2. “… bahwa salah satu nama keluarga yang terpanjang di dunia adalah nama Mayor Tollemache-Tollemache de Orellana-Plantagenet-Tollemache-Tollemache (1858-1917), seorang tentara Britania?”
  3. “… bahwa pada masa pemerintahan Katharina Agung di Rusia, ada peraturan pada pesta-pesta bahwa laki-laki dilarang mabuk sebelum pukul 9 malam, sementara kaum perempuan dilarang mabuk sama sekali ?”
  4. “… bahwa menurut jajak pendapat Perhimpunan Rumah Sakit Hewan Amerika Serikat, 33 persen pemilik anjing mengakui bahwa mereka berbicara lewat telepon dengan anjing mereka atau meninggalkan pesan pada mesin penjawab telepon bila mereka sedang tidak di tempat ?”
  5. “… bahwa unta dapat membawa beban antara 227 kg-454 kg? Mereka dapat berjalan dengan kecepatan 3-5 km per jam, selama 6-7 jam per harinya ?”
  6. “… bahwa unta akan menolak membawa beban yang tidak diletakkan secara seimbang?”
  7. “… bahwa vitamin K, T, H, dan U bermanfaat untuk menolong hati berfungsi dengan baik dan untuk mengobati anemia?”
  8. “… bahwa diperkirakan jutaan pohon di dunia ditanam secara kebetulan oleh tupai yang menguburkan biji-biji pohon dan kemudian lupa menggalinya kembali?”
  9. “… bahwa sapi dapat menghasilkan lebih banyak susu bila mereka mendengarkan musik?”
  10. “… bahwa titik di atas huruf i disebut tittle? Kata ini berasal dari bahasa Latin, yang artinya sesuatu yang sangat kecil.”
  11. “… bahwa di Eropa pernah ada kebiasaan bagi seorang calon ayah yang menantikan kelahiran anaknya untuk memakan keju? Ia mulai mengorek bagian tengah keju itu, sehingga terciptalah sebuah lubang yang besar. Belakangan, setelah bayinya lahir, diadakan upacara dengan meloloskannya melalui lubang keju tersebut.”
  12. “… bahwa dari manapun asal negaranya, semua penerbang dalam penerbangan internasional mengidentifikasikan dirinya dalam bahasa Inggris?”
  13. “… bahwa pada 1935, polisi di Atlantic City, New Jersey menangkap 42 orang lelaki di pantai karena mereka mengenakan pakaian renang tanpa penutup dada?
  14. “… bahwa pada abad ke-11, para tentara Salib pertama kali memperkenalkan kismis di Eropa ketika mereka kembali dari Mediterania? Pada abad ke-14, kismis telah menjadi bagian penting dari masakan Eropa.
  15. “… bahwa orang Inggris, Perancis dan Jerman berusaha menanam anggur untuk dijadikan kismis, tetapi iklim negaranya terlalu dingin untuk mengeringkan buahnya?”
  16. “… bahwa maksimum kedalaman air untuk tempat mandi burung, menurut National Audubon Society, adalah sekitar 6 cm? Kurang dari itu akan menyulitkan burung untuk mandi, lebih dari itu membuat mereka takut.”
  17. “… bahwa kecuali jenis-jenis tertentu, burung pada umumnya tidak bernyanyi bila mereka berada di tanah? Mereka bernyanyi ketika terbang atau berdiri di sebuah benda di atas tanah.”
  18. “… bahwa sebuah mobil Formula Satu, dapat melakukan lintasan melingkar dan melintasi dinding yang benar-benar vertikal, selama mobil berjalan dengan kecepatan di atas 200 mil/jam.”
  19. “… bahwa para pegawai Ben & Jerry mendapat jatah 1,42 liter es krim gratis setiap harinya? Setiap tahun perusahaan ini mengadakan hari pembagian es krim gratis yang jumlahnya hingga 1 juta kerucut es krim.”
  20. “… bahwa setiap tahunnya sekitar 2 milyar ton pupuk kandang dihasilkan di Amerika Serikat? Perancis, Belanda dan Belgia digolongkan oleh Masyarakat Eropa sebagai wilayah “kelebihan pupuk kandang” karena mereka memproduksi lebih banyak daripada yang dapat diserap oleh tanahnya.”
  21. “… bahwa bangsa Eskimo mempunyai dua puluh kata untuk menyebut salju?”
  22. “… bahwa dalam budaya Swahili, hari baru dimulai pada saat terbitnya matahari, yaitu sekitar pukul 6 pagi?”
  23. “… bahwa unta Baktrian adalah satu-satunya mamalia darat di Bumi yang dapat minum air bergaram?”
  24. “… bahwa rubi dan safir terbuat dari korundum, yakni batu terkeras setelah intan?”
  25. “… bahwa Ahmad Khatib Al-Minangkabawi adalah orang non-Arab pertama dan satu-satunya yang pernah menjadi imam besar Masjidil Haram, Mekkah?”
  26. “… bahwa 1.500 di antara 4.000 spesies tumbuhan lumut tumbuh di Indonesia?”
  27. “… bahwa rata-rata ikan kod menghasilkan sekitar 4—6 juta telur setiap kali bertelur?”
  28. “… bahwa ada ribuan jenis udang di dunia, namun kebanyakan sangat kecil ukurannya sehingga mereka menjadi makanan paus? Di antara ribuan jenis udang itu hanya beberapa ratus jenis saja yang dimakan manusia.”
  29. “… bahwa George Washington jarang tidur lebih dari tiga atau empat jam berturut-turut dalam satu hari selama Perang Kemerdekaan Amerika Serikat?”
  30. ” … bahwa tumbuhan lumut, karena mampu menyerap banyak karbon dioksida dan karbon monooksida, dapat berfungsi sebagai indikator pencemaran?
  31. ” … bahwa nautilus kuno dianggap sebagai hewan tak bertulang belakang yang paling cerdas? Para pakar menduga kecerdasannya setingkat dengan kecerdasan kucing muda.”
  32. ” … bahwa master catur Amerika Serikat Albert Landrin ikut serta dalam Kejuaraan Catur Dunia Buta, dan bertarung dalam semua pertandingannya dengan mengandalkan daya ingatnya, tanpa menggunakan papan catur?”
  33. ” … bahwa sampai saat ini sudah lebih dari 2 juta jenis binatang umum yang terdaftar di dunia, dan separuh lebih adalah jenis serangga?”
  34. “… bahwa beberapa kelompok peneliti menemukan bahwa bubuk cokelat mengandung zat yang dapat mencegah kerusakan gigi?
  35. “… bahwa tebing-tebing putih di Dover adalah bentukan alamiah di pantai selatan Inggris yang tercipta oleh akumulasi sisa-sisa kerangka organisme kecil yang tersimpan selama berabad-abad? Berjuta-juta tahun yang lalu permukaan laut jauh lebih tinggi, dan setelah air menyurut, sisa-sisa binatang itupun terpaparkan.”
  36. “… bahwa taman lumut dengan jumlah koleksi terbesar di dunia terdapat di Kebun Raya Cibodas, Pacet, Cianjur? Taman ini memiliki sekitar 170 spesies lumut yang sebagian besar berasal dari Indonesia.”
  37. “… bahwa musim badai Pasifik 1965 memiliki 10 nama badai, dengan satu badai menjadi angin ribut?”
  38. “… bahwa sindrom Keipert memengaruhi hidung dan ibu jari kaki?”
  39. “… bahwa meteran parkir pertama di dunia ditempatkan di Oklahoma City, Oklahoma, pada 1935?
  40. “… bahwa guillotine aslinya dinamai louisette, seturut penciptanya, Antoine Louis, seorang ahli bedah Perancis? Namun belakangan namanya lebih dikenal sebagai guillotine, sesuai nama Joseph Ignace Guillotin, seorang dokter Perancis yang mengusulkan pembuatannya.”
  41. “… bahwa Flyer adalah pesawat pertama yang diterbangkan di Kitty Hawk oleh Wright Bersaudara pada 17 Desember 1903? Namun penerbangan perdananya hanya berlangsung 12 detik. Mereka mencoba menerbangkannya tiga kali lagi hari itu, dan penerbangan terakhir berlangsung 59 detik dan menempuh jarak 259,69 meter.”
  42. “… bahwa perubahan cuaca yang tercatat paling cepat adalah dari -20 °C menjadi 7,2 °C dalam waktu dua menit? Perubahan ini terjadi di Spearfish, South Dakota karena hembusan angin chinook pada 22 Januari 1943 antara pk. 7.30 dan 7.32 pagi. Pada pk. 9.00 temperatur naik lagi menjadi 12 °C. Mendadak angin berhenti bertiup, dan cuaca turun kembali menjadi -20 °C!”
  43. “… bahwa sebagian besar abjad di dunia berkembang dari abjad yang diciptakan sekitar 3.600 tahun yang lalu di Timur Tengah dan dikenal sebagai Alfabet Semit Utara?”
  44. “… bahwa pahlawan Britania, Laksamana Horatio Nelson meminta dikuburkan di Katedral St. Paul di London, dan bukan di Westminster Abbey, tempat para pahlawan nasional negara itu biasanya dimakamkan? Alasannya, ia mendengar bahwa gereja itu sedang tenggelam ke Sungai Thames.”
  45. “… bahwa Laut Merah diberi nama demikian karena ganggang yang sekali-sekali berkembang pesat di laut itu, mengubah air laut yang hijau kebiruan menjadi merah, ketika ganggang itu mati?”
  46. “…bahwa mata burung unta lebih besar daripada otaknya?”
  47. “…bahwa gading gajah terus bertumbuh sepanjang hidupnya, dan beratnya dapat mencapai lebih dari 100 kg? Hanya gajah jantan Asia yang memiliki gading, sementara gajah betina Afrika juga mempunyai gading.”
  48. “…bahwa sayap kelelawar, telinga gajah dan kelinci, kaki flamingo, tanduk kambing, serta kulit manusia mempunyai fungsi yang sama, yaitu melepaskan panas untuk mendinginkan tubuh?”
  49. “… bahwa satu-satunya negara yang namanya tidak terdapat dalam perangkonya adalah Britania Raya? Britania adalah negara pertama yang menerbitkan perangko, karena itu mereka diperlakukan khusus dalam perangkonya.”
  50. “… bahwa Alaska adalah negara bagian yang memiliki garis pantai terpanjang di Amerika Serikat, yaitu 10.686 km? Panjang ini melebihi gabungan garis pantai negara bagian lainnya.”
  51. “… bahwa setelah Spencer Tracy memenangi penghargaan Aktor Terbaik Academy Award 1937 untuk filmnya Captains Courageous, pialanya dikirim untuk diukiri namanya? Ketika piala itu dikembalikan, di situ tertulis Untuk Dick Tracy.”
  52. “… bahwa Frideswide Beechey adalah perempuan pertama yang menulis kolom catur dan juga mendapat penghargaan sebagai penulis problem catur?”
  53. “… bahwa Jembatan Darat Bering di Alaska adalah sisa jembatan yang menghubungkan Asia dengan Amerika Utara lebih dari 13.000 tahun yang lalu?”
  54. “… bahwa umbi dan daun narsis mengandung kristal-kristal beracun dan hanya dimakan oleh beberapa serangga tertentu saja?”
  55. “… bahwa penyair Henry Wadsworth Longfellow adalah orang Amerika pertama yang rumahnya dipasangi pipa air pada 1840?”
  56. “… bahwa manusia pasti akan memejamkan mata saat bersin?
  57. “… bahwa R.A. Kartini bukanlah pemberi nama buku Habis Gelap Terbitlah Terang? Adalah J.H. Abendanon yang saat itu Menteri Kebudayaan, Agama, dan Kerajinan Hindia Belanda yang membukukan surat-surat Kartini pada tahun 1911, dan menamainya Door Duisternis tot Licht.
  58. “… bahwa ada lebih dari 2.500 versi Yesterday karya The Beatles, sehingga lagu ini menjadi lagu yang paling banyak direkam oleh penyanyi lain dalam sejarah.”
  59. “… bahwa bila diserang, teripang akan mengeluarkan benang-benang berperekat dari anusnya yang akan menjebak lawannya?”
  60. “… bahwa Marlboro bukan hanya merek rokok, tapi juga nama banyak tempat di Amerika Serikat?”
  61. “…bahwa jika ada patung orang naik kuda dan dua kaki depan kuda itu naik di udara, itu tandanya orang itu mati dalam perang? Jika kaki kudanya hanya satu yang diangkat berarti orang itu hanya terluka dalam perang. Dan jika semua kaki kudanya menjejak tanah, berarti orang itu meninggal karena sakit.”
  62. “… bahwa jenis kelamin bayi buaya tergantung pada suhu telur? Bayi buaya jantan akan berkembang di dalam telur yang dingin, sedangkan bayi buaya betina berkembang di dalam telur yang panas.”
  63. “… bahwa nyamuk adalah serangga yang sangat tangguh? Nyamuk dapat ditemukan di hutan-hutan tropis dan di daerah yang paling dingin seperti bagian utara Kanada dan Siberia, bahkan juga di Kutub Utara?”
  64. “… bahwa El Salvador adalah satu-satunya negara di Amerika Tengah yang tidak berbatasan dengan Laut Karibia?”
  65. “… bahwa rata-rata pegawai di Jepang konon hanya menggunakan setengah dari hak cuti tahunan mereka?”
  66. “….bahwa pemain bisbol mengecat bagian bawah matanya dengan warna hitam? Hal ini dilakukan agar mereka dapat menghindari sinar matahari berlebih, seperti prinsip kacamata hitam.”
  67. “… bahwa Bill Gates memulai karier bisnisnya pada 1969 ketika ia baru berusia 14 tahun dengan membentuk perusahaan bernama Lakeside Programming Group?”
  68. … bahwa Beethoven adalah seorang pecinta kopi, dan selalu menghitung 60 butir biji kopi sebelum ia mempersiapkan kopinya?
  69. “… bahwa semakin tinggi penghasilan seseorang, semakin kecil kemungkinannya membeli tiket lotre?”
  70. “… bahwa antara 1860-an hingga 1883, populasi bison di Amerika Utara berkurang dari sekitar 13 juta ekor menjadi hanya beberapa ratus ekor saja?”
  71. “… bahwa Thomas Alva Edison mempunyai koleksi 5000 ekor burung?”
  72. “… bahwa marmot tanah hidup sebagian besar di bawah tanah? Mereka menggali lubang tempat tinggalnya dengan beberapa pintu masuk. Masing-masing liang terhubungkan dengan lorong utama dan sarang tempat mereka tidur selama musim dingin.”
  73. “… bahwa belalang hanya mampu melompat pada temperatur minimum 16,7°C?”
  74. “… bahwa anggaran belanja tahunan FIDE berjumlah AS$150.000, sementara anggaran tahunan Federasi Catur Rusia berjumlah AS$175 juta?”
  75. “… bahwa meskipun armadillo biasanya kawin sekitar bulan Juli, embrionya biasanya tidur hingga November? Baru pada bulan Maret empat bayinya dilahirkan. Keempat bayinya ini terbentuk dari satu telur, dan biasanya berjenis kelamin sama, bahkan berkembang dalam plasenta yang sama pula.”
  76. “… bahwa kata-kata yang menggunakan awalan oto- seperti Otonomi, otodidak, dan otomatis adalah salah menurut kamus besar Bahasa Indonesia? Penulisan yang benar adalah dengan memakai awalan Auto- seperti Autonomi, Autodidak, dan Automatis
  77. “… bahwa burung albatros dapat tidur sambil terbang?”
  78. “… bahwa panjang Tembok Besar di Cina lebih dari 2.414 km?”
  79. “… bahwa Messier 13 adalah kumpulan bintang yang paling terang di langit utara? Kumpulan ini ditemukan oleh astronom Inggris, Edmond Halley pada tahun 1714.”
  80. “… bahwa unta dapat kehilangan hingga 30 persen berat tubuhnya karena keluarnya keringat, dan tetap berjalan melintasi padang pasir? Manusia akan mati setelah 12 persen dari berat tubuhnya hilang dalam bentuk keringat.”
  81. “… bahwa pemerah bibir atau lipstik sudah digunakan oleh Cleopatra, namun saat itu lipstik terbuat dari kumbang merah yang dilumatkan?”
  82. “… bahwa nama Agincourt Square di kota Monmouth berasal dari candaan masyarakat bahwa banyak sekali pub (a gin court) yang berdiri di sana pada masa itu?
  83. “… bahwa hari bumi yang diperingati setiap tanggal 22 April, pada saat diperkenalkan di tahun 1970 dicurigai sebagai taktik komunis karena bertepatan dengan hari lahir Vladimir Lenin?
  84. “… bahwa pesawat Concorde memegang dua rekor kecepatan terbang untuk pesawat komersial? Pada tahun 1992 pesawat ini mengelilingi Bumi dari timur ke barat dalam 32 jam, 49 menit dan 3 detik. Tiga tahun berikutnya, ia membutuhkan 31 jam, 27 menit dan 49 detik dalam penerbangan sebaliknya.”
  85. “… bahwa pada usia 26 tahun, Napoleon telah berhasil menaklukkan Italia?”
  86. “… bahwa Cagar Alam Jembatan Darat Bering memiliki luas 11.270,33 km²? Tak ada jalan ke tempat ini, sehingga mobil tidak dapat masuk ke sana. Namun mobil salju diizinkan masuk pada musim dingin.”
  87. “… bahwa José Raúl Capablanca, juara dunia catur dari Kuba pernah diangkat sebagai pejabat di departemen luar negeri negaranya dengan gelar Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Pemerintah Kuba untuk Seluruh Dunia? Setelah bercerai, keluarga bekas istrinya membuat pangkatnya diturunkan menjadi Atase Perdagangan.”
  88. “… bahwa Napoleon menyederhanakan 14.000 dekrit Perancis menjadi 7 kumpulan undang-undang? Inilah pertama kalinya dalam sejarah modern hukum suatu negara diberlakukan sama kepada semua warganya. Pada 1960, lebih dari 70 negara di dunia mengikuti pola hukum Napoleon atau mengambilnya mentah-mentah.”
  89. “… bahwa King Cobra adalah ular berbisa terbesar yang panjangnya dapat mencapai lebih dari 5,5 meter? Gigitan ular ini dapat membunuh seekor gajah dalam waktu 4 jam.”
  90. “… bahwa José Raúl Capablanca melakukan tur ke Amerika Serikat pada 1908-1909 dan melakukan ratusan pertandingan catur simultan? Dari semuanya itu, ia hanya menderita satu kekalahan. Sepanjang hidupnya, Capablanca hanya kalah 36 kali dari 567 pertandingan.”
  91. “… bahwa potongan-potongan film Top Gun dan The Hunt for Red October konon digunakan dalam film drama seri televisi JAG?”
  92. “… bahwa simping dianggap kerang yang paling aman untuk dimakan mentah? Racun, bakteri, dan virus cenderung terakumulasi dalam proses penyaringan air laut oleh kerang-kerangan, sementara simping tidak memiliki organ penyaring.”
  93. “… bahwa anjing greyhound dibudidayakan di Mesir sekitar 5000 tahun yang lalu? Sebelum abad ke-9 Masehi anjing ini sudah dikenal di Inggris dan dibudidayakan oleh kaum bangsawan untuk berburu binatang-binatang kecil seperti kelinci.”
  94. “… bahwa kupu-kupu tak dapat terbang apabila temperatur tubuhnya kurang dari 30° Celcius?”
  95. “… bahwa Charles W. Peale, seorang seniman Amerika, menamai anak-anaknya dengan nama para seniman terkenal seperti Rembrandt, Titian, Rubens, dan Raphael?”
  96. “… bahwa Jack the Ripper, pembunuh terkenal di Inggris pada abad ke-19, melakukan kejahatannya pada akhir pekan?”
  97. “… bahwa alpaka dicukur hanya dua tahun sekali, dan setiap kali hanya menghasilkan sekitar 3 kg wol? Karena wol alpaka sangat disukai, sementara hasil cukurannya sedikit sekali, harganya pun sangat mahal.”
  98. “… bahwa meskipun tak pernah melihat jam sebelumnya, Benjamin Banneker mampu membuat sebuah jam pada 1754 yang bekerja secara akurat selama beberapa tahun?”
  99. “… bahwa bangsa Cina berlayar mengarungi Samudera Pasifik dengan kapal besar dan menemukan daratan Meksiko pada tahun 459?”
  100. “… bahwa sebelum Hatshepsut, di Mesir tak dikenal adanya perempuan yang menjadi firaun? Hatshepsut dilukiskan mengenakan pakaian laki-laki, dengan janggut dan tanpa buah dada.”