Pages

100 Fakta Unik Sepanjang Sejarah Kehidupan Dunia di Bulan Maret

Share and Enjoy! :

  1. “… bahwa luas keseluruhan area Danau-Danau Besar di Amerika adalah 244.054,58 km²?”
  2. “… bahwa Ar-Razi adalah juara catur Persia pada tahun 847 pada masa Khalifah Al-Mutawakkil? Ia juga menulis buku masalah catur Latif fi-sh shatranj dan Kitab ash-shatranj, yang telah lama lenyap.”
  3. “… bahwa kata “subkontinental” adalah satu-satunya kata yang berisi semua huruf hidup dengan urutan terbalik?”
  4. “… bahwa sepatu kuda untuk kuda Clydesdale yang dewasa ukurannya lebih dari 55,9 cm dari ujung ke ujung dan beratnya sekitar 2,27 kg? Ini berarti lebih dari dua kali panjang dan empat kali berat sepatu kuda biasa.”
  5. “… bahwa dari 206 tulang pada rata-rata tubuh orang dewasa, 54 terdapat di tangan dan 52 di kaki?
  6. “… bahwa Ekuador mempunyai banyak sekali gunung berapi dibandingkan luas negaranya yang tidak seberapa besar? Dalam jalur sepanjang 322 km, terdapat 24 gunung berapi aktif di sepanjang Pegunungan Andes Ekuador.”
  7. “… bahwa burung mengunyah dengan perutnya? Karena kebanyakan burung tidak bergigi, mereka secara teratur menelan kerikil yang berfungsi menggiling makanannya.”
  8. “… bahwa kecepatan rata-rata lalat rumah adalah 7,25 km/jam? Lalat rumah mengepakkan sayapnya sekitar 20.000 kali setiap menitnya”.
  9. “… bahwa orang lanjut usia lebih mudah terkena dehidrasi daripada orang muda, karena tubuh mereka kurang efektif dalam memberitahukan kapan mereka perlu minum.”
  10. “… bahwa lebih banyak orang Amerika yang meninggal karena kecelakaan lalu lintas daripada karena perang manapun yang melibatkan Amerika Serikat?”
  11. “… bahwa ikan guppy memperoleh namanya dari seorang naturalis, R.J.L. Guppy dari Trinidad yang menemukan dan memperkenalkan spesimen ini kepada British Museum.”
  12. “… bahwa ketika McDonald’s berniat membuka restoran baru di India, hamburger yang dibuat dari daging sapi menu utamanya harus disingkirkan, karena sapi dianggap suci. Akhirnya McDonald’s memperkenalkan “Maharaja Mac”, yang dibuat dari daging kambing.”
  13. “… bahwa pada 1870-an, warga Paris dipaksa untuk memakan daging kuda, karena daging sapi langka selama perang Perancis-Prusia? Ternyata warga kota itu menyukainya.”
  14. “… bahwa di Kuwait City 15.000 pelanggan antre menunggu dilayani di restoran McDonald’s ketika pertama kali dibuka pada 1994? Sementara itu, di drive-through, barisan mobil yang mengantre panjangnya hingga 11 km.”
  15. “… bahwa dengan 6.138 pertunjukan hingga 19 Juni 1997 Cats menjadi pertunjukan terlama dalam sejarah Broadway? Cats berhasil mengalahkan A Chorus Line yang terakhir dipentaskan pada April 1990.”
  16. “… bahwa tanpa tulang belakang seekor gurita dapat melalui lubang yang lebarnya sekitar 5 cm?”
  17. “… bahwa dengan menggunakan teknik survei satelit, para ilmuwan menyimpulkan bahwa Los Angeles, California bergerak dengan kecepatan 5,1 cm per tahun menuju ke Pegunungan San Gabriel.”
  18. “… bahwa pada 1388, Parlemen Inggris mengeluarkan larangan membuang sampah di saluran air dan selokan-selokan?”
  19. “… bahwa mantan Presiden AS James A. Garfield dapat menulis bahasa Latin dengan sebelah tangannya dan bahasa Yunani dengan tangannya yang lain, pada waktu yang bersamaan?”
  20. “… bahwa Leonardo da Vinci dapat menggambar dengan sebelah tangan dan menulis dengan tangannya yang lain, pada waktu yang bersamaan?”
  21. “… bahwa karena panda raksasa sangat besar, sementara bayinya sangat kecil, orang sulit mengetahui apabila seekor panda hamil?”
  22. “… bahwa pada Perang Dunia I burung nuri diletakkan di Menara Eiffel untuk memberikan peringatan apabila pesawat udara mendekat, jauh sebelum pesawat itu terdengar atau terlihat oleh pengawas?”
  23. “… bahwa ular pada umumnya bernapas hanya dengan menggunakan satu paru-paru? Paru-paru kiri biasanya sangat kecil karena tidak berkembang, atau sama sekali tidak ada.”
  24. “… bahwa kotak hitam yang menyimpan rekaman percakapan penerbang di pesawat terbang sesungguhnya berwarna oranye agar dapat mudah ditemukan di antara reruntuhan pesawat yang mengalami kecelakaan?”
  25. “… bahwa satu-satunya istana kerajaan di Amerika Serikat terdapat di Hawaii?”
  26. “… bahwa alamat, status ekonomi, atau pendidikan menyebabkan sekitar setengah juta warga Inggris memiliki lebih dari satu hak suara dalam pemilihan umum di Inggris pada 1885?” Seorang lulusan universitas yang juga memiliki bisnis di kota London bisa memberikan suara tiga kali – masing-masing di rumahnya, di universitasnya, dan di kota.”
  27. “… bahwa kata gas diciptakan oleh kimiawan J.B. van Helmont, dari kata Yunani “chaos” yang berarti “tak berbentuk”?”
  28. “… bahwa setiap tahunnya konsumen Perancis rata-rata meminum 88 gelas produk Coca Cola?”
  29. “… bahwa kucing adalah lambang kemerdekaan di zaman Romawi kuno?”
  30. “… bahwa abjad suku bangsa Viking disebut Futhark? Huruf-hurufnya disebut “rune” yang dibuat dari garis-garis lurus sehingga mudah diukirkan di batu-batu atau kayu. Batu-batu bertulisan bahasa mereka disebut “batu Rune”.”
  31. “… bahwa Rochefourchat merupakan komune (kotamadya) di Perancis dengan penduduk paling sedikit di dunia, yakni 1 jiwa?”
  32. “… bahwa pintu pacuan kuda diciptakan untuk mencegah terjadinya pencurian start oleh kuda-kuda pacu?”
  33. “… bahwa berat sebuah telur burung unta beratnya sama dengan 24 telur ayam?”
  34. “… bahwa permukaan planet Venus lebih panas daripada Merkurius, meskipun jaraknya hampir dua kali lipat lebih jauh dari matahari? Hal ini dikarenakan atmosfer yang menimbulkan efek rumah kaca.”
  35. “…bahwa kabinet Indonesia yang memiliki personil terbanyak ialah Dwikora II, dengan 132 personil?
  36. “… bahwa pohon baobab adalah pohon yang paling tahan kekeringan? Pohon ini menyimpan 1.358.600 liter air dalam batangnya untuk dipergunakan kelak.”
  37. “… bahwa keripik kentang adalah kudapan terlaris di Amerika Serikat? Menurut statistik, 32% orang Amerika makan siang disertai keripik kentang, sementara 18% pada makan malam.”
  38. “… bahwa oposum virginia adalah satu-satunya binatang berkantung asli dari Amerika Utara? Jumlah anaknya dalam sekali melahirkan bisa sampai 22 ekor, tapi maksimal hanya 13 yang hidup. Bayi mereka tinggal di dalam kantong induknya selama 60 hari pertama.”
  39. “… bahwa lembu laut masih sekerabat dengan gajah?”
  40. “… bahwa Arbiter Internasional, pemimpin suatu pertandingan catur FIDE, harus menguasai setidaknya dua dari lima bahasa resmi FIDE, yaitu bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Rusia dan Spanyol?”
  41. “… bahwa udang mempunyai lebih dari seratus pasang kromosom pada setiap inti selnya? Manusia hanya mempunyai 23 pasang.”
  42. “… bahwa kupu-kupu melakukan penyerbukan dengan cara yang sama seperti lebah? Mereka berpindah dari pohon ke pohon sambil membawa serbuk bunga di kaki mereka yang penuh dengan bulu dan dengan cara itu menghasilkan penyerbukan silang.
  43. “… bahwa jabatan Arbiter Internasional diciptakan FIDE pada 1951? Arbiter termuda adalah Sophia Gorman yang mulai menjabat pada usia 19 tahun.”
  44. “… bahwa anggrek berasal dari hutan yang lebat? Setiap negara di dunia, mempunyai sekurang-kurangnya satu spesies anggrek.”
  45. “… bahwa perguruan tinggi pertama yang menggunakan istilah kampus untuk merujuk pada tanahnya adalah Universitas Princeton? Kata ini berasal dari bahasa Latin, yang berarti lapangan.”
  46. “… bahwa Presiden AS ke-17, Andrew Johnson, adalah satu-satunya presiden AS yang menjahit pakaiannya sendiri?”
  47. “… bahwa Kumbang badak mampu membawa beban sebanyak 850 kali dari total berat badannya.
  48. “…bahwa belut listrik yang besarnya antara 1,5 – 2 meter mampu menghasilkan listrik hingga 600 volt yang cukup besar untuk mengejutkan seekor kuda?”
  49. “…bahwa sebuah biola terdiri dari sekitar 70 potong kayu?”
  50. “…bahwa kerangka bangunan Empire State Building dibangun dengan kecepatan rata-rata 4½ lantai per minggunya? Bangunan ini selesai sebelum jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya.”
  51. “…bahwa, menurut majalah Forbes, sekitar 60% dari 793 orang miliader di dunia tahun 2009 membangun kekayaannya dari nol?”
  52. “… bahwa komponis Rusia terkenal, Aleksandr Borodin, adalah juga seorang profesor kimia yang dihormati di St. Petersburg?”
  53. “… bahwa di negara bagian Arizona, Amerika Serikat, ada peraturan yang melarang berburu unta?”
  54. “… bahwa José Joaquin Araiza memenangi Kejuaraan Catur Meksiko sebanyak 15 kali berturut-turut?”
  55. “… bahwa buaya mampu bergerak dengan cepat sekali di darat? Bila seseorang dikejar buaya, ia harus berlari berkelok-kelok, karena buaya sulit sekali melakukan perubahan arah dengan tiba-tiba.”
  56. “… bahwa sekali mengklik mouse menghabiskan 0,0000024 kcal energi? Itu berarti, bila kita memakan sepotong coklat, kita perlu mengklik mouse sebanyak 765.551.000 kali untuk menghabiskan kalori yang dihasilkannya.”
  57. “… bahwa Mikhail Botvinnik adalah satu-satunya orang yang pernah tiga kali merebut gelar juara dunia catur? Ia pernah menghadapi semua juara dunia catur pada abad ke-20, dan merupakan pelatih awal Anatoly Karpov dan Garry Kasparov. Ia tidak pernah bermain catur hanya untuk iseng-iseng!”
  58. “… bahwa walikota Chicago, Richard J. Daley, memperingati Hari St. Patrick pada 1965 dengan menuangkan zat pewarna hijau sebanyak 45,36 kg ke Sungai Chicago? Hari St. Patrick selalu diasosiasikan dengan warna hijau.”
  59. “… bahwa gedung Empire State Building di New York City mestinya mulai dibangun pada 22 Januari 1930? Namun Gubernur Alfred Smith, seorang tokoh Irlandia-Amerika, meminta pembangunannya ditunda hingga Hari St. Patrick, untuk menghormati warisan Irlandia di kota itu.”
  60. “… bahwa St. Patrick bukan orang Irlandia? Ia seorang Britania, kemungkinan orang Wales, dan tak pernah melihat Irlandia sampai ia diculik oleh para perampok Irlandia.”
  61. “… bahwa kucing mempunyai daya pendengaran yang luar biasa? Telinga kucing mempunyai 30 otot yang mengendalikan bagian luar telinganya, sedangkan manusia hanya mempunyai 6 otot. Otot-otot ini dapat berputar 180 derajat, hingga ia dapat mendengar dari segala arah, tanpa harus menggerakkan kepalanya.”
  62. “… bahwa pada akhir lagu The Beatles, A Day in the Life, direkam siulan suara ultra yang hanya dapat didengar oleh anjing? Suara ini direkam oleh Paul McCartney untuk anjing gembala Shetlandnya.”
  63. “… bahwa kincir angin yang sering dijadikan lambang negara Belanda mula-mula diciptakan di Iran pada tahun 644? Kincir ini sudah digunakan untuk menggiling serealia.”
  64. “… bahwa pada pertengahan tahun 1990-an rata-rata pengunjung Grand Canyon di Arizona, Amerika Serikat setiap harinya mencapai lebih dari 13.000 orang? Karena lingkungan alamnya yang rentan, kini jumlah pengunjung ke tempat ini sangat dibatasi.”
  65. “… bahwa pada saat Nyepi, umat Hindu Dharma tidak bepergian (amati lelungan), tidak menyalakan api/lampu (amati geni), tidak melakukan pekerjaan (amati karya), dan tidak diperkenankan bersenang-senang (amati lelanguan)?”
  66. “… bahwa pada 1984, Jeff Bezos ingin menamai usahanya di Internet “Cadabra”, seperti dalam “abracadabra” – atau “sim salabim”? Tetapi pengacaranya meyakinkannya bahwa dalam bahasa Inggris nama itu kedengaran mirip sekali dengan “jenazah” (cadaver). Akibatnya, Bezos mengambil pilihan yang kedua, Amazon.com.”
  67. “… bahwa pada awal abad ke-20, pertandingan tinju berhadiah seringkali berlangsung hingga ratusan ronde? Para petarung bertanding dengan tinju telanjang, tanpa sarung tinju.”
  68. “… bahwa setelah menjadi perampok dan pembunuh bersama adiknya Jesse, Frank James hidup dengan tenang selama 32 tahun? Ia berjualan cenderamata di pertanian James, bekerja sebagai penjaja sepatu dan pemeriksa karcis di bioskop di Missouri, Amerika Serikat.”
  69. “… bahwa di toko swalayan, barang-barang yang lebih murah biasanya diletakkan di rak bawah, sementara yang lebih mahal diletakkan sejajar dengan pandangan mata?”
  70. “… bahwa tubuh manusia mempunyai sekitar 2 juta kelenjar keringat? Rata-rata orang dewasa kehilangan 540 kalori dengan setiap liter keringatnya, dan laki-laki berkeringat 40% lebih banyak daripada perempuan.”
  71. “… bahwa nama Fagin, tokoh pencopet dalam novel Oliver Twist karya Charles Dickens, berasal dari nama sahabat karib Dickens, Bob Fagin?”
  72. “… bahwa apabila teripang muda diberi makan rumput laut merah, maka kulit kerang mereka pun akan berubah menjadi merah?”
  73. “… bahwa permukaan bulan super tampak 14 persen lebih besar dan 30 persen lebih
  74. “… bahwa Jana Bellin, pecatur perempuan Britania papan atas, adalah juga seorang ahli anestesiologi yang dianggapnya sebagai pekerjaan yang tepat bagi pemain catur?”
  75. “… bahwa untuk mencukur janggut dan kumis, para astronot membutuhkan pencukur khusus dengan alat penghisap seperti penghisap debu, agar potongan rambutnya tidak beterbangan di ruangan hampa udara?”
  76. “… bahwa sebelum menjadi pusat industri mobil, kota Detroit di Amerika Serikat adalah pusat industri cerutu dan tembakau kunyah?”
  77. “… bahwa untuk memasok listrik bagi perangkat elektronik yang dibawanya, beberapa jenis ransel dilengkapi dengan panel surya?”
  78. “… bahwa sebelum lampu sein ditemukan, pengemudi mobil menggunakan lonceng
  79. “… bahwa Liechtenstein dan Uzbekistan adalah dua negara satu-satunya di dunia yang tidak memiliki perbatasan dengan lautan dan berbatasan dengan negara yang tidak berbatasan dengan lautan juga.”
  80. “… bahwa tingkat perceraian di Amerika Serikat adalah yang tertinggi di dunia, yaitu 20,7 dari setiap 1.000 perkawinan? Angka ini disusul olen Denmark, yaitu 13,1.”
  81. “… bahwa di planet Venus, matahari terbit di barat dan terbenam di timur, kebalikan daripada di Bumi? Venus beredar dari timur ke barat, tidak seperti Bumi dan planet-planet lainnya.”
  82. “… bahwa sensus penduduk pertama di Amerika Serikat dilakukan pada 1 Maret 1790? Hasilnya menunjukkan bahwa penduduk AS pada waktu itu berjumlah 3.929.214.”
  83. “… bahwa kecepatan bersin dapat mencapai sekitar 250 kilometer per jamnya?”
  84. “… bahwa negara bagian Texas adalah satu-satunya negara bagian yang pernah berada di bawah enam bendera, yaitu Spanyol, Perancis, Meksiko, Republik Texas, Negara Konfederasi Amerika, dan Amerika Serikat?”
  85. “… bahwa menurut koran Detroit Free Press, 68 persen dari semua pemain hoki profesional pernah kehilangan sekurang-kurangnya satu giginya?”
  86. “… bahwa Rodrigo de Triana adalah pelaut di kapal Pinta dalam rombongan Columbus yang pertama kali melihat daratan di benua Amerika pada tanggal 12 Oktober 1492?”
  87. “… bahwa walaupun terletak di New York City, Amerika Serikat, tanah tempat Gedung Sekretariat Perserikatan Bangsa-Bangsa dianggap sebagai teritori internasional?”
  88. “… bahwa pedometer, yaitu alat penghitung langkah, dapat ditemukan pada sejumlah alat elektronik portabel seperti pemutar musik dan telepon seluler?”
  89. “… bahwa ketika tidur selama musim dingin, seekor marmut tanah bernapas hanya sepuluh kali dalam satu jam, sementara ketika aktif, napasnya 2100 kali dalam satu jam?”
  90. “… bahwa ketika pelayanan komersial telepon antara New York City dan London pertama kali diperkenalkan pada 1927, ongkos tiga menit pertama percakapannya adalah AS$75?”
  91. “… bahwa angka-angka dari dua sisi dadu yang saling berseberangan selalu berjumlah 7?”
  92. “… bahwa mata berkedip 15000 kali dalam sehari?”
  93. “… bahwa pada 1931, seorang industriawan bernama Robert Ilg membangun Menara Miring Niles, replika Menara Pisa, dengan ukuran setengah dari aslinya di luar kota Chicago, Illinois, Amerika Serikat? Ia tinggal di menara itu selama beberapa tahun.”
  94. “… bahwa Nicholas Breakspear adalah satu-satunya orang Inggris yang pernah menjabat sebagai Paus? Nama jabatannya adalah Paus Adrianus IV dan masa jabatannya berlangsung antara 1154-1159.”
  95. “… bahwa ikon save dalam Microsoft Office memperlihatkan sebuah disket dengan penutup yang digambarkan terbalik? Mulai Microsoft Office versi 2007 ikon save ini baru tidak terbalik.”
  96. “… bahwa lesung pipit kemungkinan disebabkan oleh otot wajah yang disebut otot zygomaticus major yang terbelah dua? Lesung ini diakibatkan otot wajah tersebut lebih pendek daripada ukuran normal sehingga otot tersebut menarik kulit wajah dan membentuk lekukan pada kulit.”
  97. “… bahwa menurut Aristoteles, hati adalah tempat keberadaan emosi manusia?”
  98. “… bahwa ketika pertama kali dibuka pada 1965 Houston Astrodome adalah ruangan berpendingin udara terbesar di dunia? Konon gedung 18 tingkat muat di dalam ruangan itu.”
  99. “… bahwa pada masa-masa awal industri film di Hollywood, para bintang film harus menyediakan pakaiannya sendiri untuk pembuatan filmnya?”
  100. “… bahwa ‘DVD’ pada awalnya adalah singkatan dari digital video disc? Namun beberapa pihak ingin agar kepanjangannya diganti menjadi digital versatile disc (cakram serba guna digital) agar jelas bahwa format ini bukan hanya untuk video saja. Karena konsensus antara kedua pihak ini tidak dapat dicapai, sekarang nama resminya adalah ‘DVD’ saja, dan huruf-huruf tersebut secara ‘resmi’ bukan singkatan dari apapun.”