Pages

Cemilan Sehat Setelah Pulang Sekolah

Share and Enjoy! :

Cemilan Sehat Setelah Pulang Sekolah
      Cemilan sehat setelah pulang sekolah biasanya paling dicari oleh anak-anak. Sepulang sekolah, anak-anak biasanya akan langsung menuju dapur untuk mencari sesuatu untuk mereka makan. Setelah melakukan aktivitas belajar dan kegiatan lainnya di sekolah, tenaga dan pikiran anak tentu akan terkuras. Oleh karena itu, setelah mereka pulang sekolah akan merasakan sangat lapar.
      Di usia anak-anak, mereka lebih menyukai makanan ringan seiring dengan bertambahnya usia mereka. Dan ini tidak mengherankan jika mereka akan terasa lapar setelah pulang sekolah karena hanya mengkonsumsi jajanan atau makanan ringan di sekolah. Sebagian anak-anak biasa makan lebih awal sebelum waktu makan siang, namun sebagian lagi biasa makan setelah mereka mengkonsumsi makanan ringan dan setelah itu akan makan makanan berat sebelum mereka mengikuti kelas tambahan.
      Anda bisa membuat cemilan sehat kesukaan anak Anda sesuai dengan usia dan rutinitas di sekolah. Dengan begitu Anda bisa tetap mengontrol makanan apa saja yang dikonsumsi oleh anak baik itu sehat atau tidak. Karena setelah diluar rumah Anda tidak dapat mengendalikan anak-anak apa saja yang dimakannya diluar jam makan siang. Untuk itu Anda perlu melakukan beberapa hal apa saja yang harus Anda siapkan.
Penempatan waktu yang tepat
Buatlah jadwal makan anak-anak secara teratur. Sebelum memasuki jam makan siang, Anda bisa membawakan bekal cemilan sehat kesukaannya. Dan jika anak memiliki jam sekolah hingga sore hari karena adanya tambahan pelajaran atau kegiatan sekolah, Anda bisa menambahkan cemilan sehat lainnya selain cemilan sebelumnya.
Oleh karena itu, Anda juga perlu mengetahui pada jam-jam berapa saja anak memiliki waktu istirahat di sekolahnya agar Anda bisa membawakan makanan yang tepat untuk sang anak. Selain itu, jika anak pulang pada tepat waktu pada jam makan siang, Anda bisa segera mungkin untuk menyiapkan makanan makan siangnya.
Namun jika sebaliknya Anda bekerja dan harus lembur, setidaknya Anda memiliki waktu yang tepat kapan anak harus makan malam dan cemilan sehat apa yang perlu Anda siapkan untuk di sore hari.
Buat daftar pilihan sehat
Jika Anda menginginkan anak-anak tetap hidup sehat, Anda bisa memberikan makanan yang bergizi setiap harinya untuk mereka. Jangan lupa di setiap cemilan sehat mereka, masukkan berbagai buah-buahan dan sayuran segar. Buatlah daftar menu pilihan yang sehat agar selalu bervariasi setiap harinya dan juga bergizi.
Dengan membuat daftar menu pilihan yang sehat bagi anak Anda, maka gizi anak pun akan terjamin kebersihan dan juga kesehatannya.
Jika Anda memiliki waktu senggang luangkanlah waktu pergi bersama dengan anak Anda untuk melihat-lihat di toko buku dan membaca buku tentang fakta gizi yang terdapat di berbagai jenis makanan. Beritahu mereka bahwa jumlah protein, serat, kalsium, dan nutrisi penting lainnya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuhnya sesuai dengan porsi yang telah ditentukan. Selain itu, jika Anda ingin memberikan snack cemilan sehat pilihlah snack yang rendah gula, lemak, dan garam. Dan jika memungkinkan, ajaklah anak Anda untuk ikut belajar memasak bersama Anda untuk mengetahui proses dalam membuat makanan dan juga belajar dalam memilih makanan sehat.
Membuat pilihan cemilan yang mudah dan sehat
Bawakan anak Anda bekal untuk makan siangnya jika memang tidak memungkinkan mereka belum pulang sekolah tepat waktu saat jam makan siang. Selain bekal makan siang, Anda juga bisa membawakan cemilan sehat.
Dan setelah pulang sekolah, tak lupa Anda siapkan kembali untuk cemilan mereka sambil menunggu makan siang jika anak telah pulang sebelum jam makan siang. Buatlah cemilan sehat yang mudah bersama sang anak. Dengan begitu ia akan senang membantu Anda serta dapat memilih cemilan favoritnya.
Cemilan sehat ini bisa Anda buat dengan berbagai variasi dari bahan-bahan seperti, biskuit, gandum, coklat, keju, buah, dan kandungan gizi sehat lainnya yang disukai oleh anak-anak. Biasanya anak lebih menyukai rasa manis dan sedikit asin. Dengan begitu Anda bisa memberikan sedikit irisan buah dalam cemilan tersebut.