Pages

Jenis-jenis Susu yang Perlu Diketahui

Share and Enjoy! :

Jenis-jenis Susu yang Perlu Diketahui
   Susu menempati posisi penting dalam asupan gizi sehari-hari Anda. Selain memperkuat tulang, susu pun mengandung protein, kalium, vitamin A serta D. Tidak hanya susu sapi yang bisa dikonsumsi, berikut ini jenis-jenis susu yang perlu Anda ketahui:
Susu sapi
Susu dari kelanjer susu sapi kaya akan kalsium. Satu cangkir susu sapi menyediakan 30% dari kebutuhan kalsium harian Anda ditambah kandungan proteinnya. Susu sapi pun diperkaya vitamin D sehingga tubuh lebih mudah menyerap kalsium. Selain itu kandungan kalium dan fosfor juga dapat Anda temukan dalam susu sapi yang bermanfaat membangun tulang serta gigi kuat.
Namun tidak semua menyukai susu sapi, bahkan ada yang alergi laktosa. Kondisi di mana orang tersebut mengalami kekurangan laktase, enzim yang mencerna laktosa serta gula susu alami. Alergi laktosa bisa menyebabkan beberapa orang mengalami diare dan kembung setelah mengonsumsi susu sapi. Solusi bagi Anda pemilik alergi laktosa bisa dengan memilih susu bebas laktosa, seperti Lactaid.
Susu kedelai
Susu kedelai kaya akan protein dan tidak memiliki lemak jenuh. Mengonsumsi 25 gram protein kedelai setiap hari dalam bentuk apapun dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Namun satu kekurangan susu kedelai adalah protein kedelai dapat mengganggu penyerapan mineral termasuk besi. Susu kedelai pun lebih rendah kandungan kalsiumnya.
Susu kambing
Susu kambing ternyata memiliki kalsium lebih banyak dibandingkan susu sapi. Susu kambing paling sering dikonsumsi sebagai keju, rasanya sedikit manis dan kadang berbau tidak sedap. Namun susu kambing mengandung laktosa lebih tinggi dari susu sapi sehingga bagi pemilik alergi laktosa tidak disarankan untuk mengonsumsinya.
Susu beras
Bagi Anda yang sedang menjalani diet, susu yang terbuat dari sari beras bisa menjadi pilihan. Susu ini tidak mengandung lemak jenuh dan baik bagi jantung. Susu beras hanya mengandung 1 gram protein per cangkir sedangkan susu sapi mengandung 8gram. Kandungan karbohidrat susu beras pun dua kali lebih banyak per cangkirnya dibandingkan susu sapi.
Susu dari kacang almond
Susu hasil rendaman kacang almond ini cocok bagi penderita alergi susu. Rasanya enak dan cocok digunakan dalam campuran kopi dan makanan serta minuman lainnya.
Susu rami
Susu yang terbuat dari biji tanaman rami ini tidak mengandung THC (tetrahydrocannabinol) atau bahan psikoatif yang ditemukanan dalam ganja. Susu rami menjadi pilihan menu sehat untuk sarapan karena mengandung kalsium dan fosfor lebih tinggi dibanding susu sapi.
Susu rami pun bebas lemak jenuh, serat untuk membantu sistem pencernaan, dan asam alfa linoleat atau salah satu asam lemak omega-3. Untuk urusan rasa, susu rami tidak begitu enak dibandingkan suus kedelai dan beras.
Susu kelapa
Siapa yang menyangka daging serta jus buah kelapa jika dikombinasikan bisa menjadi susu dengan rasa manis dan enak. Susu kelapa mengandung kalium, fosfor, dan serat sebanyak 5gram per cangkirnya. Kalsium dan protein dalam susu kelapa pun dinilai lebih rendah dari susu lainnya.
Susu gandum
Susu gandum bebas dari lemak jenuh dan memiliki kadar karbohidrat lebih tinggi dibandingkan suus sapi serta setengah protein dari susu skim sapi. Walaupun rasanya ringan namun sebagian orang tidak menyukai struktur susu gandum yang kasar.
   Jenis-jenis susu tersebut tentu bisa Anda masukan dalam menu sehari-hari agar lebih beragam dan memenuhi kebutuhan kalsium bagi tubuh. Khususnya bagi seseorang yang tidak menyukai susu sapi atau memiliki alergi laktosa. Semoga bermanfaat.