Pages

Tips Bugarkan Badan Karena Kurang Tidur

Share and Enjoy! :

http://asalasah.blogspot.com/2012/11/tips-bugarkan-badan-karena-kurang-tidur.htmlBanyak aktifitas malam yang membuat Anda harus begadang, seperti nonton film, nonton pertandingan sepakbola dan aktivitas lainnya. Begadang sering membuat tubuh kelelahan dan tak bergairah keesokan harinya.
Ini akan berimbas pada produktivitas kerja dan bahkan dapat mengganggu kesehatan Anda. Sesampai di tempat kerja Anda hanya akan sering menguap dengan mata merah.

Idealnya, tubuh membutuhkan waktu tidur yang cukup antara 7-8 jam per hari. Tak hanya tubuh, otak Anda pun membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar dapat berfungsi optimal.

Bagi sebagian orang, begadang memang tidak bisa ditinggalkan karena pekerjaan dan hal penting lainnya. Jika Anda termasuk dalam golongan ini dan ingin kembali bergairah, berikut 3 tips yang bisa Anda coba untuk meningkatkan kebugaran Anda di pagi hari seperti dikutip sheknows berikut;

1. Lakukan olahraga ringan
Olahraga ringan dapat meningkatkan kembali kebugaran Anda. Cobalah jogging atau bersepeda 15-30 menit disekitar rumah atau Anda. Ini akan membantu tetap waspada daripada hanya duduk berdiam diri dan kembali mengantuk.

2. Jauhi makanan berat
Ketika begadang tubuh akan mengalami gangguan metabolisme. Oleh karena itu, jangan mengonsumsi makanan berat setelah begadang. Mengonsumsi makanan berat bisa mengakibatkan makanan tidak dicerna dengan baik dan jika Anda makan banyak karbohidrat maka dapat memicu naiknya gula darah.

Minumlah perasan air lemon. Minuman ini kaya dengan Vitamin C dan merupakan antioksidan yang kuat untuk meningkatkan kembali daya tahan tubuh setelah begandang. Jika ingin makan, konsumsilah makanan kaya serat seperti sereal, oatmeal atau sayuran segar.

3. Berusaha tenangkan pikiran
Sebaiknya lakukan meditasi beberapa menit di pagi hari. Tempatkan diri Anda dalam suasana yang tenang dan tentram. Tambahkan aroma terapi jika perlu untuk memperdalam meditasi Anda. Studi menyebutkan bahwa meditasi dapat memberikan efek pemulihan otak meski pun tidak semaksimal saat tidur.

Sebaiknya kurangi aktivitas begadang dan istirahatkan tubuh Anda secara cukup.

Sumber:http://jaringnews.com/hidup-sehat/bugar/26614/tips-bugarkan-badan-karena-kurang-tidur