Pages

RINGKASAN ISTILAH FILSAFAT ANGKA DAN NUMEROLOGI PYTHAGORAS

Share and Enjoy! :

Berikut ini dikutipkan ringkasan filsafat angka dan numerologi Pythagoras dari Buku Karya Suhening Sutardi, "KEKUATAN ANGKA DALAM KEHIDUPAN", terbitan PUSTAKA YASHIBA, Cetakan ke-3, 2011, Hal. 961-963.

Filsafat
Secara etimologi atau asal-usul kata, berasal dari bahasa Yunani, yaitu philosopia dengan suku kata philos, artinya cinta dan sophos, artinya bijaksana. Jadi, secara harfiah filsafat berarti cinta kebijaksanaan, cinta ilmu, cinta hikmah.
Filsafat juga diistilahkan dengan falsafah. Namun kata filsafat lebih dibakukan, misalnya Fakultas Filsafat Universitas Gadjah Mada.
Sedangkan semantik atau makna kata, filsafat mempunyai arti sebagai suatu pandangan hidup (way of life), ajaran dan cara berfikir tentang sesuatu hal dengan mendalam, radikal, menyeluruh dan meliputi segala sisi.


Filsafat Angka
Pemikiran filsafat mengenai angka. Diajarkan oleh Pythagoras pada akhir abad ke-4 Sebelum Masehi dengan bertolak dari filsafat, matematika, moralitas dan spiritualitas. Paradigma dari filsafat angka adalah bahwa segala sesuatu tidak terlepas dari angka-angka. Tidak ada satu pun hal di alam semesta ini tanpa ukuran matematis karena sesungguhnya alam semesta itu sendiri tersusun secara matematis, dengan angka-angka yang akurat. Bahkan filsafat angka Pythagoras menyimpulkan, bahwa angka-angka merupakan intisari dari segala apa yang ada di alam semesta.


Pythagoras
Pelopor filsafat angka yang lahir di Samos, Yunani pada tahun 580 Sebelum Masehi dengan ayah bernama Mnesarchus dan ibu bernama Pythais. Pythagoras juga dikenal sebagai ahli matematika, musik, astronomi dan pemimpin spiritual yang mengajak para pengikutnya untuk membersihkan jiwa dari nafsu kotor dan jahat.


Numerologi
Adalah ilmu mengenai angka-angka dan pengaruhnya pada kehidupan, terutama pada perjalanan nasib kehidupan seseorang. Setiap peradaban yang sudah maju mengembangkan numerologinya secara khas dengan memiliki suatu sitem yang khas pula, namun berlandaskan pemikiran yang sama bahwa angka-angka memiliki makna serta mempengaruhi kehidupan. Di Jawa, numerologi dikenal dengan istilah petungan atau neptu. Sedangkan masyarakat Cina mengembangkan fengshui yang di dalamnya juga menyangkut ilmu angka.


Numerologi Pythagoras
Adalah numerologi yang berlandaskan pada ajaran filsafat angka Pythagoras. Numerologi Pythagoras itulah yang dikenal dan berkembang di masyarakat Barat (Eropa dan Amerika), hingga selanjutnya di zaman modern sekarang ini diterapkan oleh para ahli numerologi di seluruh dunia. Sehingga ketika menyebut numerologi, maka tidak lain ya merujuk pada numerologi Pythagoras.
Dalam sistem numerologi ini digunakan cara kerja meliputi angka nasib, amgka getaran awal, periodesasi, tahun pribadi dan bulan pribadi, angka ambisi, angka penampilan dan angka kepribadian, serta tabel intensitas.

Angka Penampilan
Angka penampilan adalah angka yang diperoleh berdasar penambahan huruf-huruf mati (konsonan) di dalam nama seseorang. Angka penampilan mencerminkan suatu watak atau karakter seseorang.
Angka Ambisi
Angka ambisi adalah angka yang diperoleh berdasar penambahan huruf-huruf hidup (vokal) di dalam nama seseorang. Angka ambisi mencerminkan keinginan-keinginan yang sangat kuat dalam diri seseorang.

Angka Kepribadian
Angka kepribadian adalah angka yang diperoleh berdasar penambahan huruf-huruf mati dan huruf-huruf hidup di dalam nama seseorang. Angka kepribadian mencerminkan totalitas watak kepribadian seseorang, baik yang tampak dari lahirnya maupun tersimpan dalam dirinya.

Tabel Intensitas
Tabel intensitas adalah tabel yang memperlihatkan seberapa banyak suatu angka tertentu muncul atau suatu angka tertentu tidak muncul dalam nama seseorang. Tabel intensitas dapat menjadi cermin kekuatan-kekuatan yang paling menonjol dan potensi-potensi yang kurang atau tidak dimiliki seseorang. Tabel ini digunakan untuk melihat rincian ihwal derajat pengaruh dari getaran angka-angka yang ada.

Angka Nasib
Angka nasib adalah angka yang diperoleh berdasar penambahan tanggal, bulan dan tahun kelahiran seseorang. Angka nasib ini mencerminkan watak, sifat, karakter dan peruntungan maupun segala aspek kehidupan lainnya sepanjang hayat dikandung badan. Angka Nasib menempati posisi sangat mendasar, utama dan penting dalam konfigurasi angka. Angka ini bertalian langsung dengan periodesasi sehingga posisinya juga sentral bersama angka nasib. Rumus Angka Nasib = Tgl lahir + Bulan lahir + Tahun lahir

Angka Getaran Awal
Angka getaran awal adalah angka berdasar tanggal lahirnya seseorang tanpa mengikutkan bilangan bulan dan tahun kelahirannya. Angka getaran awal ini memberikan petunjuk mengenai pengaruh yang ada atas getaran tersebut dan bagaimana perimbangannya dengan angka-angka lain.


Periodesasi
Periodesasi merupakan pembagian tahap-tahap perjalanan hidup seseorang, yang masing-masing tahap mempunyai kekuatannya sendiri. Perjalanan hidup seseorang dibagi dalam empat tahap. Penetapan tahap pertama ditentukan dengan rumus 36 dikurangi angka nasib.Angka 36 ditetapkan sebagai postulat untuk menetapkan kunci penghitungan tahap pertama berasal dari perkalian empat dan sembilan. Empat menunjukkan jumlah tahap kehidupan seseorang, sedangkan sembilan merupakan angka tertinggi dan dijadikan interval atau selang waktu konstan dalam tahap kedua dan tahap ketiga.
Tahap pertama dihasilkan dari tanggal lahir ditambah bulan lahir. (Tgl lhr + Bln lhr).
Tahap kedua dihasilkan dari tanggal lahir ditambah tahun lahir. (Tgl lhr + Thn lhr).
Tahap ketiga merupakan penambahan tahap pertama dan kedua. (Tahap 1 + Tahap 2).
Tahap keempat dihasilkan dari bulan lahir ditambah tahun lahir. (Bln lhr + Thn Lhr).

Tahun Pribadi
Tahun pribadi menunjukkan keadaan-keadaan yang mungkin terjadi dalam tahun kini karena pengaruh getaran angka tertentu. Ini harus dilihat dengan perimbangan angka-angka lainnya. Angka tahun pribadi diperoleh dari tanggal lahir ditambah bulan lahir ditambah tahun kini bersangkutan (Tgl lhr + Bln lhr + Thn Kini).

Bulan Pribadi
Bulan pribadi menunjukkan hal-hal apa yang paling penting untuk dilakukan dan yang harus dihindari dalam suatu bulan karena pengaruh getaran angka tertentu. Perhitungan bulan pribadi didapat dari bulan aktual masing-masing (Januari hingga Desember) ditambah tahun pribadi (Bln aktual + Tahun Pribadi).