Di Jepang dikenal istilah “zettai ryouiki” (絶対領域) yang secara harfiah
bahasa bisa diartikan sebagai teritori absolut. Tetapi tidak dengan
para Geek di Jepang, istilah ini memiliki arti lain yang sama sekali
tidak ada hubungannya dengan absolut. Istilah ini menunjukkan area yang
terekspos antara kaos kaki panjang dan celana bawahan.
Nah, area inilah yang sering menjadi fetish di banyak anime dan
manga, dan juga akan sepertinya juga akan menjamah ke dunia periklanan.
Pada awalnya istilah “zettai ryouiki” berasal dari film animasi Neon
Genesis Evangelion yang mereferensi sebuah pelindung atau barrier yang
disebut “AT Fied“. Namun, seiring zaman, artinya berubah-ubah hingga akhirnya menjadi area yang diekspos seperti saya sebutkan sebelumnya.
Bahkan ada ukuran menilai seberapa tinggi ‘level’ dari berbagai macam
zettai ryouiki ini. Contohnya saja, sebuah kaos kaki tinggi ketat
dengan bawahan rok akan dinilai ‘A’, sedangkan kaos kaki biasa dengan
bawahan rok adalah tingkat paling rendah, karena bukan termasuk dalam
zettai ryouiki.
Nah, demi mencuri kesempatan disaat tren ini sedang meledak, sebuah
perusahaan di Jepang meluncurkan “zettai ryouiki kouku” atau “PR
absolute teritory” dengan menempelkan pengumuman pencarian. Kriteria
yang bakal mereka rekrut di pencarian ini adalah harus perempuan,
berumur lebih dari 18 tahun, dan memiliki lebih dari 20 koneksi di
jejaring sosial, seperti Facebook, Mixi, atau Twitter.
Untuk para pria, mohon maaf. Memang ada yah yang berminat? ^^
Di waktu yang hanya sehari, para partisipan akan dibayar antara 1000
yen hingga 10,000 yen ( Rp 100,000 – Rp1,000,000 ) untuk menempelken
stempel iklan di ‘paha’ mereka dan mereka juga diharuskan mengupload dua
foto iklannya ke jejaring sosial mereka.
Cara marketing yang unik ini ternyata cukup berhasil! Banyak sekali
yang ingin mendaftar untuk ikut berpartisipasi, sehingga akhirnya untuk
sementara waktu perusahaan menghentikan proses perekrutannya.
Benar-benar aneh dan unik. Bagaimana menurut pembaca?