Saat
memasuki hari pertama kerja, berbagai macam perasaan seperti senang,
antusias, khawatir, takut, bahkan nervous sekalipun, bercampur aduk
menjadi satu. Tentunya Anda juga membayangkan bagaimana lingkungan
kerjanya, rekan-rekan kerja dan atasan di kantor nantinya. Hal ini wajar
terjadi pada hari pertama bekerja. Namun, alangkah baiknya jika Anda
tidak terus menerus menebak-nebak apa yang akan terjadi.
Untuk
mengatasi hal tersebut, simak enam hal yang perlu diperhatikan untuk
melalui hari pertama bekerja dengan sukses dan memberikan kesan yang
baik pada atasan dan rekan-rekan kerja
1. Tak sedikit
orang mengalami keraguan saat melalui hari pertama di tempat kerja.
Untuk mengatasi hal tersebut, Anda perlu mengembangkan sikap ramah
terhadap semua rekan-rekan kerja. Senyumlah dengan ramah terhadap semua
orang yang Anda temui di kantor.
2. Pahamilah
lingkungan kerjanya. Hal ini dilakukan agar Anda mudah beradaptasi
dengan suasana baru dan orang-orang yang baru dikenal di kantor. Tak ada
salahnya juga jika menyapa setiap orang yang berjalan melalui meja
kerja Anda dengan senyuman, memperkenalkan diri dan menanyakan apa peran
mereka di perusahaan tersebut. Memahami cara kerja dan pekerjaan yang
harus dilakukan juga penting. Dengan begitu dapat memudahkan Anda meraih
prestasi yang baik dalam pekerjaan.
3. Mencintai
pekerjaan perlu diterapkan. Hal ini penting agar Anda dapat berprestasi
dalam pekerjaan. Jika tidak pernah berusaha untuk mencintai pekerjaan
tersebut, Anda akan sulit berprestasi dan tidak akan berkembang.
Berusahalah untuk memilih jenis pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang
digeluti. Jadikan pula kantor sebagai rumah kedua Anda agar dapat lebih
nyaman dalam bekerja.
4. Salah satu kunci untuk
mencapai kesuksesan yaitu sabar. Jadi Anda perlu sabar dalam
menyesuaikan diri dengan situasi pekerjaan di kantor baru. Anda juga
perlu berusaha untuk terus berpikiran positif. Hal ini penting
diterapkan agar segala ketegangan yang dirasakan bisa hilang.
5.
Memahami perilaku rekan-rekan kerja di kantor juga merupakan salah satu
persyaratan penting. Anda juga perlu bekerja dengan baik dalam sebuah
tim dan tunjukkan sikap yang ramah. Pastikan Anda memiliki sikap positif
dan selalu mempunyai keinginan untuk terus belajar.
6.
Jika ada pekerjaan yang tidak dipahami, jangan malu dan takut untuk
bertanya kepada rekan kerja senior atau bos di kantor. Berusahalah untuk
menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan nyaman dengan cara
berdiskusi kepada atasan atau rekan kerja mengenai masalah pekerjaan
yang Anda hadapi dan mencari jalan keluar secara bersama. Hal ini
penting untuk dilakukan agar Anda mendapatkan kepercayaan diri untuk
terus belajar dan menyadari apa yang seharusnya dilihat untuk ke
depannya. Baik itu peran dan tanggung jawab atas pekerjaan.